OPTIMALISASI PERFORMANSI HUBUNGAN MOTOR DC 500WATT DAN POMPA AIR PADA SISTEM PLTS MANDIRI 2000 WATT

REZA PRASETIYA, NIM. 132016128 (2020) OPTIMALISASI PERFORMANSI HUBUNGAN MOTOR DC 500WATT DAN POMPA AIR PADA SISTEM PLTS MANDIRI 2000 WATT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132016128_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (626kB) | Preview
[img] Text
132016128_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Listrik menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat, bukan hanya sebagai penerangan tetapi juga untuk menunjang aktivitas sehari-hari, namun sebagian masyarakat terutama yang berdomisili di wilayah yang belum mendapatkan suplai energi listrik dari pemerintah. salah satu alternatif untuk solusi ini adalah pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). PLTS mandiri seperti ini diharapkan mampu untuk memenuhi ketiadaan suplai energi khususnya pada daerah atau wilayah terpencil. Energi yang dihasilkan oleh matahari nantinya akan digunakan sebagai sumber energi utama penggerak Motor Direct Current (DC) 500 Watt dan pompa air, pompa yang digunakan dalam penelitian ini adalah pompa DC. Dengan demikian, akan dilakukan suatu penelitian dalam hal optimalisasi dan perfomansi hubungan motor DC dan pompa air DC dengan sumber daya PLTS. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menegetahui optimalisasi dan performansi Motor DC 500 Watt dan pompa air DC pada PLTS Mandiri 2000 Watt. Penelitian ini di mulai dengan pengumpulan data perhitungan arus, tegangan, dan daya dilakukan dengan cara mengukur langsung ke sumber beban menggunakan alat ukur, hasil data pengukuran dan perhitungan selanjutnya diverifikasi dan divalidasi dan dibentuk dalam tabel dan grafik. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ketinggia fluida yang dapat dicapai hingga 386 cm dan sistem akan bekerja optimal pada kondisi radiasi maksimum dan sudut peletakan panel yang tegak lurus dengan arah cahaya matahari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Ir. Zulkiffli Saleh, M.Eng 2. Yosi Apriani, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Optimalisasi, PLTS, Motor DC, Performansi
Subjects: Elektro > Teknik Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 31 Aug 2020 04:23
Last Modified: 31 Aug 2020 04:23
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10349

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.