RANCANG BANGUN INVERTER GELOMBANG SINUS UNTUK PEMBANGKIT LISTRIK DENGAN MEMANFAATKAN KUBAH MASJID PUTAR

RIZKY RINALDY, NIM. 132016146 (2020) RANCANG BANGUN INVERTER GELOMBANG SINUS UNTUK PEMBANGKIT LISTRIK DENGAN MEMANFAATKAN KUBAH MASJID PUTAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132016146_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (893kB) | Preview
[img] Text
132016146_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi elektronika pada saat ini sudah semakin meningkat terutama dalam kehidupan sehari-hari, yang tentunya hal ini dapat memberikan kemudahan pada kehidupan manusia, akan tetapi hal tersebut menyebabkan kebutuhan energi listrik menjadi semakin meningkat, dan jika pasokan daya listrik ini tidak mencukupi, maka diperlukan alternatif dalam penyediaan daya listrik yang mampu melayani konsumen secara kontinyu, salah satunya ialah inverter adalah peralatan listrik yang mampu mengubah arus searah menjadi arus bolakbalik dari tegangan input 12V DC menjadi tegangan Output 220V AC. Saat ini, inverter telah banyak digunakan dalam pemenuhanan kebutuhan listrik seharihari, sumber tegangan input inverter dapat menggunakan battery, tenaga angin dan sumber DC lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah Merancang Inverter gelombang sinus untuk pembangkit listrik yang memanfaatkan kubah masjid putar, Untuk mengetahui besarnya daya listrik yang dihasilkan oleh inverter gelombang sinus yang telah di rancang. Berdasarkan hasil pengujian yang telah di lakukan menunjukan bahwa Inverter yang dirancang pada penelitian ini menghasilkan gelombang sinusoidal murni dengan daya maksimum 350 Watt dengan tegangan 220V. Unjuk kerja terbaik dari inverter ini dicapai jika bebannya berupa beban induktif contohnya kipas angin, solder listrik dan lampu Led.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Wiwin A Oktaviani, S.T, M.Sc 2. Taufik Barlian, S.T, M.Eng
Uncontrolled Keywords: Inverter, Aki, Sinusoidal
Subjects: Elektro > Elektronika
Elektro > Teknik Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 31 Aug 2020 02:43
Last Modified: 31 Aug 2020 02:43
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10284

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.