RANCANG BANGUN SISTEM PLTS MANDIRI 2000 WATT

PRAYOGA ARISANDI, NIM. 132016167 (2020) RANCANG BANGUN SISTEM PLTS MANDIRI 2000 WATT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132016167_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (779kB) | Preview
[img] Text
132016167_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) adalah sistem pembangkit listrik yang memanfaatkan energi matahari untuk menjadi energi listrik melalui photovoltaic module yang termasuk dalam energi hijau sehingga menjadi suatu pembangkit yang terbarukan, lebih efisien efektif, handal dan dapat mensuplai kebutuhan energi listrik. Energi surya berupa radiasi elektromagnetik yang dipancarkan ke bumi berupa cahaya matahari yang terdiri atas foton atau partikel energisurya yang dikonversikan menjadi energy listrik.Energi surya yang sampai pada permukaan bumi disebut sebagai radiasi surya global yang diukur dengan kepadatan daya pada permukaan daerah penerima. Rata-rata nilai dari radiasi surya atmosfir bumi adalah 1.353 W/m yang dinyatakan sebagai konstanta surya. Intensitas radiasi surya dipengaruhi oleh waktu siklus perputaran bumi, kondisi cuaca meliputi kualitas dan kuantitas awan, pergantian musim dan posisi garis lintang. Intensitas radiasi sinar matahari di Indonesia berlangsung 4-5 jam per hari Penelitian ini dimulai dengan pencarian referensi yang dapat ditulis dalam studi literatur (artikel, buku, prosiding, report) dan dari sumber tersebut dapat digunakan sebagai rujukan kajian dalam penelitian ini. Langkah selanjutnya adalah merancang bangun sistem PLTS mandiri 2000 Watt. Hasil rancang bangun sistem PLTS Mandiri 2000 Watt sesuai dengan parameter kajian penelitian adalah sebagai berikut: 1. Komponen utama sistem adalah: panel sel surya, solar charge controller, batere, inverter. 2. Komponen pendukung adalah: rangka peletakan sel surya, MCB, box batere, alat ukur. 3. Daya optimum yang dapat dilayani untuk berbagai jenis dan variasi besar beban adalah 1485 Watt.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Ir. Zulkiffli Saleh, M.Eng 2. Yosi Apriani, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Rancang Bangun, Sarwan Energy, Sistem PLTS Mandiri 2000 Watt.
Subjects: Elektro > Teknik Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 31 Aug 2020 02:27
Last Modified: 31 Aug 2020 02:27
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10264

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.