GAMBARAN KEJADIAN DBD DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DEMPO KOTA PALEMBANG

Sabrina Mardhatillah, NIM. 702016013 (2020) GAMBARAN KEJADIAN DBD DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DEMPO KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
702016013_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
702016013_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan suatu jenis penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Demam Berdarah Dengue (DBD) sendiri masih menjadi masalah utama di indonesia dan banyak diantaranya meninggal dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui distribusi kejadian DBD berdasarkan kelompok usia, jenis kelamin dan kegiatan upaya yang dilakukan. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh penderita DBD atau kasus confirm DBD tahun 2015-2018 yang berhasil tercatat di Puskesmas Dempo Kota Palembang. Pengambilan sampel sendiri menggunakan total sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif observasional. Hasil penelitian didapatkan bahwa jumlah kasus DBD di Puskesmas Dempo Kota Palembang berbeda setiap tahunnya. Jumlah kasus berdasarkan kelompok usia penderita <15 tahun yaitu 86,2% dan kelompok usia 15 tahun keatas sebesar 13,8%. Berdasarkan jenis kelamin, laki-laki sebesar 57,4% dan perempuan sebesar 42,6%. Peyuluhan kesehatan, kerja bakti 3M, Kunjungan rumah, kegiatan fogging, pemantauan jentik berkala, dan PSN merupakan upaya Puskesmas Dempo Kota Palembang untuk memberantas DBD di wilayah kerjanya. kata kunci: demam berdarah, usia, jenis kelamin, kegiatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. dr. H. Rizal IA, Sp.THT, MBA 2. drg. Putri Erlyn, M.Kes
Uncontrolled Keywords: demam berdarah, usia, jenis kelamin, kegiatan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 27 Aug 2020 05:08
Last Modified: 27 Aug 2020 05:13
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10220

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.